Newest Post
// On :Selasa, 13 Maret 2018
(Untuk Tugas Mata Kuliah Kewirausahaan)
Nama-nama Anggota Kelompok :
Adhidarma Harista
17021106001
Vina Gracia Raflen Watung
17021106011
Widya Wowiling
1721106012
Martina Gabriela Rorimpandey
17021106020
FAKULTAS TEKNIK JURUSAN TEKNIK ELEKTRO
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS SAM RATULANGI MANADO
2018
Kata
Pengantar
Puji
dan syukur kami ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena berkat
kehendak-Nya kami dapat menyelesaikan proposal ini. Proposal ini dibuat
dengan rancangan yang sistematis, perhitungan, dan dengan cara yang hadal.
Adapun maksud dan
tujuan dari penyusunan proposal ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas yang
diberikan oleh guru pada mata kuliah kewirausahaan.
Dalam proses penyusunan tugas ini
kami menjumpai hambatan, namun berkat dukungan materil dari berbagai pihak,
akhirnya kami dapat menyelesaikan tugas ini dengan cukup baik, oleh karena itu
melalui kesempatan ini kami menyampaikan terimakasih dan penghargaan
setinggi-tingginya kepada semua pihak terkait yang telah membantu
terselesaikannya tugas ini.
Meski
begitu tentu tugas ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu segala
saran dan kritik yang membangun dari semua pihak sangat kami harapkan demi
perbaikan pada tugas selanjutnya. Harapan kami semoga tugas ini bermanfaat
khususnya bagi kami dan bagi pembaca lain pada umumnya.
Manado, 11
Maret 2018
Penyusun
KATA
PENGANTAR…………………………………………………………................……….…… i
DAFTAR
ISI…………………………………………………………………...…………................… ii
BAB
I PENDAHULUAN……………………………………………………...….…....……............... 1
1.1 Latar
Belakang ...............……………………………………....…….......………........................... 1
1.2 Tujuan ..............…………………………………………………......………….............................. 1
1.3 Visi dan Misi ……………………………………………………………………………………….1
BAB II RENCANA PRODUKSI ……………………………………………………………………..2
BAB
III KEGIATAN
DAN PEMASARAN….........................................………..………................... 2
BAB
IV
FAKTOR PENGHAMBAT DAN PENDUKUNG.................................................................
3
3.1 Faktor
Penghambat..............................................................................................................
3
3.2 Faktor
Pendukung............................................................................................................................ 3
3.3 Analisis
SWOT................................................................................................................................ 3
BAB
V
ASPEK KEUANGAN............................................................................................................
4
BAB
VI
PENUTUP................................................................................................................................
5
BAB
I
PENDAHULUAN
1. 1 Latar Belakang
Usaha adalah suatu
bentuk yang dapat menghasilkan uang dan dapat meningkatkan taraf hidup
seseorang untuk menjadi lebih baik. Suatu usaha yang kita jalani dapat
menghasilkan laba semaksimal mungkin jika kita tekun dalam menjalani usaha
tersebut.
Banyak cara yang
dilakukan oleh seseorang dalam memulai atau menjalani kegiatan usaha seperti
sistem retail atau membuat sendiri produk yang akan dijual. Kegiatan usaha
dengan cara membuat sendiri produk yang akan dijual akan lebih banyak
kelebihannya dibandingkan sistem atau cara kegiatan usaha lain. Selain produk
yang dijual lebih menarik minat, tentu cara ini lebih mudah dalam menafsirkan
atau menargetkan laba dengan total produk yang akan dijual ke konsumen.
Dari penjelasan
latar belakang diatas, maka kami tertarik untuk melakukan kegiatan usaha dengan
menggunakan cara membuat sendiri produk yang akan dijual. Dalam hal ini, produk
yang kami tawarkan berupa stiker
1.2 Tujuan
Tujuan kami membuat usaha ini adalah
untuk menambah pengalaman dan pengetahuan tentang wirausaha. Serta membudayakan
semangat, dan kemampuan kewirausahaan di kalangan mahasiswa dan masyarakat.
1.3 Visi dan Misi
Visi
Menjalankan usaha
perekat hp yang berkualitas
Misi
Misi kami dalam
menjalankan usaha ini adalah dengan menyediakan stiker yang sesuai dengan keinginan dan
kebutuhan konsumen, serta memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen.
BAB
II
RENCANA
PRODUKSI
2.1 Rencana Usaha
Adapun rencana
usaha yang akan dijalankan dalam usaha ini ialah sebagai berikut :
1.
Rencana jangka pendek
Usaha
bisnis stoker ini yang kami rintis
bertujuan untuk menambah pengalaman kerja dalam usaha bisnis bagi kalangan
sesame mahasiswa maupun bagi umum, selain dapat meningkatkan kreativitas.
2.
Rencana Jangka Panjang
Setelah
berhasil mendapatkan pelanggan, kami akan lebih meningkatkan mutu dan kualitas
dari usaha kami.
2.2 Rencana Produksi
Untuk
permulaan kami akan menjual produk kami sebanyak 50 buah. 25 untuk dijual
online dan 25 untuk di jual turun lapangan.
2.3 Rencana
Pemasaran
Analisis Pasar dan
Pemasaran usaha kami ini yaitu :
1.
Analisa Pasar
a.
Target Pasar
Usaha
ini berlokasi di are kampus dan juga bisa di pesan online.
b.
Sasaran Pembeli
Dalam
menjalankan usaha ini sasaran pembeli kami yaitu mencakup semua mahasiswa.
Sebagian besar mampu untuk membeli produk ini karena harganya yang terjangkau.
2. Strategi
Pemasaran
Ø Dengan
Media Internet
Promosi
ini dapat dilakukan melalui media internet, seperti Lini, BBM, WA, Massanger,
dll.
BAB III
KEGIATAN PASAR DAN PEMASARAN
Ø Menganalisis
Potensi Pasar
Dalam
menjalankan usaha ini kami harus mengetahui potensi pasar agar usaha yang
dijalani dapat berjalan lancar.
Ø Menentukan
Objek Pasar
Dalam
menjalankan usaha ini kami menentukan objek pasar dari usaha ini adalah lingkungan
kampus tepatnya di fakultas Teknik program studi Teknik Informatika universitas
Sam Ratulangi Manado.
Ø Menetapkan
Target / Sasaran Pasar
Dalam
menjalankan usaha ini kami menetapkan target / sasaran pasar usaha yaitu di
lingkungan kampus tepatnya di fakultas Teknik program studi Teknik Informatika
universitas Sam Ratulangi Manado.
BAB IV
FAKTOR PENGHAMBAT DAN PENDUKUNG
3.1 Faktor Penghambat
Faktor penghambat diantaranya :
1. Banyaknya pesaing atau usaha yang
menyerupai.
2. Harga bahan baku yang
berbeda-beda.
Untuk itu, kami sudah merencanakan untuk
memecahkan masalah faktor penghambat yaitu dengan selalu berhati-hati dalam
mengelola setiap dana yang akan dikeluarkan.
3.2 Faktor Pendukung
1. Produk yang dipasarkan harus dalam
keadaan baik.
2. Kondisi tempat yang strategis.
3.3 Analisis SWOT
1. Strength (kekuatan)
1. Menjual produk untuk semua kalangan.
2. Bahan produk yang terjamin.
1. Menjual produk untuk semua kalangan.
2. Bahan produk yang terjamin.
2. Weakness (kelemahan)
1. Produknya mudah ditiru.
1. Produknya mudah ditiru.
3. Opportunity (peluang)
- Tempat strategis.
4. Threat (ancaman)
Adanya pesaing yang menjual produk yang sama dengan harga yang tidak terlalu
- Tempat strategis.
4. Threat (ancaman)
Adanya pesaing yang menjual produk yang sama dengan harga yang tidak terlalu
mahal.
BAB V
ASPEK KEUANGAN
Aspek Modal
- Modal
awal :
Ø Penjualan
Usaha bisnis stiker:
Rp 5.000 s/d 15.000,
25
Perekat hp atau Gurita Helder dengan harga Rp
5.000 = Rp 250.000, -
25
Perekat hp atau Gurita Helder dengan harga
Rp.25.000 = Rp 375.000,-
Total
= Rp 625.000,-
BAB VI
PENUTUP
Perekat
handphone memng bukan termasuk barang pokok yang semua orang harus miliki.
Tetapi semakin berkembangnya zaman handphone sudah menjadi bahan pokok dan
banyak orang yang menginginkan handphone nya semakin menarik dan mudah dibawah
kemana saja. Dari hal tersebut, kami melihat adanya peluang untuk menjalankan
usaha dibidang aksesoris handphone ini. Adapun nilai jual dari tempat handphone
sendiri, diantaranya :
Ø Banyak masyarakat yang memilih tempat
handphone sebagai aksesoris pribadi mereka.
Ø Tempat handphone bisa dibuat sekreatif
mungkin sehingga akan lebih mudah membawanya.