Newest Post

// On :Selasa, 13 Maret 2018

(Untuk Tugas Mata Kuliah Kewirausahaan)





Nama-nama Anggota Kelompok :
Adhidarma Harista
17021106001
Vina Gracia Raflen Watung
17021106011
Widya Wowiling
1721106012
Martina Gabriela Rorimpandey
17021106020






FAKULTAS TEKNIK JURUSAN TEKNIK ELEKTRO
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS SAM RATULANGI MANADO
2018



Kata Pengantar
Puji dan syukur kami ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena berkat kehendak-Nya kami dapat menyelesaikan proposal ini. Proposal ini dibuat dengan rancangan yang sistematis, perhitungan, dan dengan cara yang hadal.
Adapun maksud dan tujuan dari penyusunan proposal ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan oleh guru pada mata kuliah kewirausahaan.
Dalam proses penyusunan tugas ini kami menjumpai hambatan, namun berkat dukungan materil dari berbagai pihak, akhirnya kami dapat menyelesaikan tugas ini dengan cukup baik, oleh karena itu melalui kesempatan ini kami menyampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak terkait yang telah membantu terselesaikannya tugas ini.
Meski begitu tentu tugas ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu segala saran dan kritik yang membangun dari semua pihak sangat kami harapkan demi perbaikan pada tugas selanjutnya. Harapan kami semoga tugas ini bermanfaat khususnya bagi kami dan bagi pembaca lain pada umumnya.
           
             Manado, 11 Maret 2018

                                                                                                                        Penyusun

                                              




KATA PENGANTAR…………………………………………………………................……….…… i
DAFTAR ISI…………………………………………………………………...…………................… ii
BAB I PENDAHULUAN……………………………………………………...….…....……............... 1
1.1 Latar Belakang ...............……………………………………....…….......………........................... 1
1.2 Tujuan ..............…………………………………………………......………….............................. 1
1.3 Visi dan Misi ……………………………………………………………………………………….1
BAB II RENCANA PRODUKSI ……………………………………………………………………..2
BAB III KEGIATAN DAN PEMASARAN….........................................………..………................... 2
BAB IV FAKTOR PENGHAMBAT DAN PENDUKUNG................................................................. 3
            3.1 Faktor Penghambat.............................................................................................................. 3
3.2 Faktor Pendukung............................................................................................................................ 3
3.3 Analisis SWOT................................................................................................................................ 3
BAB V ASPEK KEUANGAN............................................................................................................ 4
BAB VI PENUTUP................................................................................................................................ 5



BAB I
PENDAHULUAN

1. 1 Latar Belakang
Usaha adalah suatu bentuk yang dapat menghasilkan uang dan dapat meningkatkan taraf hidup seseorang untuk menjadi lebih baik. Suatu usaha yang kita jalani dapat menghasilkan laba semaksimal mungkin jika kita tekun dalam menjalani usaha tersebut.
Banyak cara yang dilakukan oleh seseorang dalam memulai atau menjalani kegiatan usaha seperti sistem retail atau membuat sendiri produk yang akan dijual. Kegiatan usaha dengan cara membuat sendiri produk yang akan dijual akan lebih banyak kelebihannya dibandingkan sistem atau cara kegiatan usaha lain. Selain produk yang dijual lebih menarik minat, tentu cara ini lebih mudah dalam menafsirkan atau menargetkan laba dengan total produk yang akan dijual ke konsumen.
Dari penjelasan latar belakang diatas, maka kami tertarik untuk melakukan kegiatan usaha dengan menggunakan cara membuat sendiri produk yang akan dijual. Dalam hal ini, produk yang kami tawarkan berupa aksesoris hp yaitu usaha bisnis perekat hp atau Gurita Helder.

1.2  Tujuan
            Tujuan kami membuat usaha ini adalah untuk menambah pengalaman dan pengetahuan tentang wirausaha. Serta membudayakan semangat, dan kemampuan kewirausahaan di kalangan mahasiswa dan masyarakat.

1.3  Visi dan Misi
Visi
Menjalankan usaha perekat hp yang berkualitas
Misi
Misi kami dalam menjalankan usaha ini adalah dengan menyediakan perekat hp yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen, serta memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen.


BAB II
RENCANA PRODUKSI

2.1 Rencana Usaha
Adapun rencana usaha yang akan dijalankan dalam usaha ini ialah sebagai berikut :
1.    Rencana jangka pendek
Usaha bisnis perekat hp ini atau Gurita Helder yang kami rintis ini bertujuan untuk menambah pengalaman kerja dalam usaha bisnis bagi kalangan sesame mahasiswa maupun bagi umum, selain dapat meningkatkan kreativitas.
2.    Rencana Jangka Panjang
Setelah berhasil mendapatkan pelanggan, kami akan lebih meningkatkan mutu dan kualitas dari usaha kami.

2.2 Rencana Produksi
            Untuk permulaan kami akan menjual produk kami sebanyak 50 buah. 25 untuk dijual online dan 25 untuk di jual turun lapangan.

2.3 Rencana Pemasaran
Analisis Pasar dan Pemasaran usaha kami ini yaitu :
1.    Analisa Pasar
a.     Target Pasar
Usaha ini berlokasi di are kampus dan juga bisa di pesan online.
b.    Sasaran Pembeli
Dalam menjalankan usaha ini sasaran pembeli kami yaitu mencakup semua mahasiswa. Sebagian besar mampu untuk membeli produk ini karena harganya yang terjangkau.
2.    Strategi Pemasaran
Ø  Dengan Media Internet
Promosi ini dapat dilakukan melalui media internet, seperti Lini, BBM, WA, Massanger, dll.



BAB III
KEGIATAN PASAR DAN PEMASARAN

Ø Menganalisis Potensi Pasar
Dalam menjalankan usaha ini kami harus mengetahui potensi pasar agar usaha yang dijalani dapat berjalan lancar.

Ø Menentukan Objek Pasar
Dalam menjalankan usaha ini kami menentukan objek pasar dari usaha ini adalah lingkungan kampus tepatnya di fakultas Teknik program studi Teknik Informatika universitas Sam Ratulangi Manado.

Ø Menetapkan Target / Sasaran Pasar
Dalam menjalankan usaha ini kami menetapkan target / sasaran pasar usaha yaitu di lingkungan kampus tepatnya di fakultas Teknik program studi Teknik Informatika universitas Sam Ratulangi Manado.


BAB IV
FAKTOR PENGHAMBAT DAN PENDUKUNG

3.1 Faktor Penghambat
Faktor penghambat diantaranya :
1. Banyaknya pesaing atau usaha yang menyerupai.
2. Harga bahan baku yang berbeda-beda.

Untuk itu, kami sudah merencanakan untuk memecahkan masalah faktor penghambat yaitu dengan selalu berhati-hati dalam mengelola setiap dana yang akan dikeluarkan.

3.2 Faktor Pendukung
1. Produk yang dipasarkan harus dalam keadaan baik.
2. Kondisi tempat yang strategis.

3.3 Analisis SWOT
1. Strength (kekuatan)
1. Menjual produk untuk semua kalangan.
2. Bahan produk yang terjamin.

2. Weakness (kelemahan)
1. Produknya mudah ditiru.


3. Opportunity (peluang)
    -  Tempat strategis.

4. Threat (ancaman)
    Adanya pesaing yang menjual produk yang sama dengan harga yang tidak terlalu
    mahal.

BAB V
ASPEK KEUANGAN

Aspek Modal
  1. Modal awal :
Ø  Penjualan Usaha bisnis perekat hp atau Gurita Helder : Rp 5.000 s/d 25.000,
25 Perekat hp atau Gurita Helder  dengan harga Rp 5.000 = Rp 250.000, -
25 Perekat hp atau Gurita Helder  dengan harga Rp.25.000 = Rp 625.000,-
Total = Rp 875.000,-


BAB VI
PENUTUP

Perekat handphone memng bukan termasuk barang pokok yang semua orang harus miliki. Tetapi semakin berkembangnya zaman handphone sudah menjadi bahan pokok dan banyak orang yang menginginkan handphone nya semakin menarik dan mudah dibawah kemana saja. Dari hal tersebut, kami melihat adanya peluang untuk menjalankan usaha dibidang aksesoris handphone ini. Adapun nilai jual dari tempat handphone sendiri, diantaranya :
Ø  Banyak masyarakat yang memilih tempat handphone sebagai aksesoris pribadi mereka.
Ø  Tempat handphone bisa dibuat sekreatif mungkin sehingga akan lebih mudah membawanya.



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

// Copyright © Martina Monica Gabriela //Anime-Note//Powered by Blogger // Designed by Johanes Djogan //